Logo Bloomberg Technoz

DP World, konglomerat yang berbasis di Dubai, telah mendukung Hyperloop One sejak tahun 2016 dan memiliki saham mayoritas. Kekayaan intelektual yang tersisa dari perusahaan rintisan ini akan ditransfer ke DP World, kata seseorang yang mengetahui situasi tersebut.

Melalui juru bicaranya, DP World menolak berkomentar. Raja Narayanan, pelaksana tugas kepala eksekutif Hyperloop One, juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Hyperloop One, yang secara resmi dikenal sebagai Hyperloop Technologies, bergabung dengan sebuah perusahaan cangkang pada April lalu, menurut sebuah dokumen yang ditinjau oleh Bloomberg. Pada saat itu, nilai saham di sebagian besar kelas dituliskan menjadi nol sen, dan pemegang saham perusahaan cangkang menjadi satu-satunya pemilik Hyperloop One. Pada pertemuan semua orang, karyawan diberitahu bahwa DP World mengatur transaksi tersebut, menurut salah satu orang.

Perusahaan ini telah menarik imajinasi publik sejak didirikan pada tahun 2014, setahun setelah Elon Musk merilis buku putih yang menguraikan visi untuk teknologi hyperloop. Konsep ini merupakan janji menggiurkan akan sebuah teknologi transportasi jenis baru--dan untuk mengakhiri kemacetan.

Namun, industri yang baru saja lahir ini tersandung, dan Hyperloop One tidak pernah memenangkan kontrak untuk membangun hyperloop yang berfungsi. Perusahaan ini juga menarik banyak perhatian karena alasan yang salah. Salah satu pendiri, Brogan BamBrogan, pernah tiba di tempat kerja dan menemukan jerat di kursinya.

Salah satu pendiri lainnya, pemodal ventura Shervin Pishevar, mengundurkan diri setelah Bloomberg melaporkan tuduhan pelecehan seksual terhadapnya, yang kemudian dibantahnya. Seorang direktur yang pernah menjabat, Ziyavudin Magomedov, ditangkap di Moskow dengan tuduhan penipuan dan penggelapan yang tidak terkait dengan Hyperloop One. Pada saat itu, pengacara Magomedov mengatakan bahwa ia mengajukan banding atas penangkapan tersebut.

Meskipun belum ada hyperloop berskala besar yang dibangun setelah upaya bertahun-tahun, konsep ini terus memikat para pengusaha. Beberapa perusahaan hyperloop berada dalam berbagai tahap pembangunan prototipe, di antaranya Hardt Hyperloop, Hyperloop Transportation Technologies Inc, dan Swisspod Technologies.

Musk juga telah mempromosikan bidang ini, menciptakan serangkaian kompetisi untuk hyperloop yang dirancang oleh para mahasiswa dan membangun jalur uji coba yang sekarang telah dihancurkan. Dia juga memulai Boring Co, sebuah bisnis pembuatan terowongan yang mengejar teknologi terkait.

(bbn)

No more pages