Logo Bloomberg Technoz

40 Ribu Lansia Ikut Haji 2024, 820 Wafat di 2023 Jadi Evaluasi

Angga Indrawan
22 December 2023 12:20

Calon haji menunggu proses administrasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Calon haji menunggu proses administrasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Haji 2024 kategori lansia diperkirakan mencapai 40 ribu orang. Kementerian Agama mewanti-wanti kesehatan calon haji menjadi prioritas, menekan angka kematian Jemaah Haji di Tanah Suci.

Direktur Bina Haji Kemenag, Arsad Hidayat mengatakan saat ini pihaknya telah memberlakukan kebijakan istithaah kesehatan bagi calon haji sebelum melakukan pelunasan biaya haji. Hal tersebut disebabkan tingginya angka kematian jemaah haji Indonesia pada operasional haji tahun lalu.

“Total jemaah wafat mencapai angka 820 (di 2023). Perlu ada evaluasi yang kita lakukan,” terang Arsad saat menjadi pembicara Seminar Nasional Gerakan Kesadaran Nasional Ber-Haji Mampu dan Sehat, Kamis (21/12/2023) dikutip dari laman Kemenag.

Arsad mengatakan, keberangkatan calon haji setiap tahun akan didominasi oleh jemaah lansia. Tren tersebut perlu mendapat perhatian khusus para KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah) dengan penyelenggaraan manasik haji yang ramah lansia.

“Perlu pendekatan manasik yang baru, yaitu manasik yang ramah lansia. Oleh karena itu, Buku Pedoman Manasik Haji Khusus Lansia dari Kementerian Agama dapat menjadi pedoman bagi pihak KBIHU untuk membimbing para jemaahnya,” sambung Arsad.