Logo Bloomberg Technoz

BPOM: Masih Ada 17 Ribu Produk Tanpa Izin Edar di E-commerce

Dinda Decembria
22 December 2023 11:15

Makanan Tak Miliki Izin Edar. (Dok: Bloomberg)
Makanan Tak Miliki Izin Edar. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan makanan dan minuman tak layak edar senilai Rp30 miliar dalam patroli siber di e-commerce. Plt Kepala BPOM Lucia Rizka Andalusia mengatakan pasca patroli di e-commerce total terjaring  17.042 ribu link produk yang tak memenuhi kriteria.

“Beberapa hal yang dilakukan BPOM dalam menindaklanjuti temuan-temuan tersebut adalah melakukan pembinaan dan memberikan peringatan pada pelaku usaha,” jelas Lucia di Jakarta, Kamis (22/12/2023).

BPOM selanjutnya akan berkomunikasi dengan para distributor produk yang tidak memiliki izin edar tersebut dan meminta mengembalikannya kepada supplier. Selain itu dilakukan pemberian perintah pemusnahan produk pangan.

“[Pemusnahan berlaku untuk produk] yang rusak dan kadaluarsa serta pengamanan terhadap produk yang tanpa izin edar, bimbingan dan fasilitasi pelaku usaha untuk mendaftarkan produk-produk olahannya," kata Lucia. 

Jelang Natal dan Tahun Baru 2023 BPOM sebelumnya juga telah menyita temuan 4.441 item atau 86.034 item produk makanan tidak memenuhi ketentuan (TMK) senilai Rp 1,6 miliar. Temuan tersebut hasil intensifikasi pengawasan pangan olahan yang dilaksanakan serentak 76 Unit Teknis Pelaksana (UPT) BPOM di seluruh Indonesia.