Logo Bloomberg Technoz

Debat Cawapres soal Ekonomi Ingatkan Lagi TPID dan Unicorn Viral

Pramesti Regita Cindy
22 December 2023 11:30

Cover-Cek-Fakta-Debat-Capres-Cawapres-Perdana-polos
Cover-Cek-Fakta-Debat-Capres-Cawapres-Perdana-polos

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat capres antara Prabowo dan Jokowi dalam dua kali pemilu lalu yakni Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 diwarnai dengan kata-kata terkait ekonomi yang akhirnya viral pada saat itu. Pada 2014, Prabowo viral lantaran tak tahu apa itu TPID yang merupakan singkatan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). 

Lalu pada debat capres Pemilu 2019, muncul istilah unicorn yang berkaitan dengan ekonomi digital yang juga tak dipahami Ketua Umum Partai Partai Gerindra tersebut.

Pertanyaan soal TPID itu terlontar pada debat capres 2014 dengan tema pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Jokowi melempar pertanyaan dengan singkatan-singkatan ke Prabowo. Prabowo menguasai singkatan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), namun Prabowo tak paham soal TPID.

"Ini soal daerah. Kami ingin bertanya bagaimana soal meningkatkan peran TPID?" tanya Jokowi pendek saat diberikan kesempatan bertanya kepada lawannya oleh moderator di acara debat capres di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu (15/6/2014).

Namun Prabowo mengakui dia tak terlalu paham soal singkatan. "TPID itu singkatan dari apa?" kata dia.