Logo Bloomberg Technoz

Hubungan Membaik, Pejabat Tinggi Militer AS-China Kembali Bicara

News
22 December 2023 11:20

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Jenderal Charles Brown, ketua Joint Chiefs Amerika Serikat (AS), berbicara dengan rekannya di China untuk pertama kalinya dalam sebuah panggilan video. Pemerintahan Biden menganggap percakapan tersebut sebagai pertanda hubungan militer antara kedua negara mungkin akan kembali normal.

Departemen Pertahanan mengatakan bahwa panggilan video antara Brown dan Liu Zhenli, yang dilakukan pada Kamis pagi waktu Washington, mencakup  diskusi tentang kerja sama guna mengindari salah perhitungan dan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka.

Seorang pejabat senior militer AS, yang memberi pengarahan kepada wartawan tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa pertemuan antara Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping di California pada November membuka jalan untuk memulihkan kontak yang telah terputus sejak kunjungan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan pada Agustus.

Pejabat tersebut mengatakan langkah-langkah ke depan, termasuk rencana mengadakan pembicaraan mengenai kebijakan pertahanan pada Januari, dan konsultasi kemaritiman pada musim semi.