Logo Bloomberg Technoz

Alat-alat Bantu Kini Boleh di Debat Cawapres, Tak Ada Sebelumnya

Pramesti Regita Cindy
22 December 2023 10:10

Cawapres Pemilu 2024 (kiri-kanan), Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Cawapres Pemilu 2024 (kiri-kanan), Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Terdapat hal-hal yang akan berbeda di debat cawapres kali ini tak seperti debat capres perdana beberapa waktu lalu. Dalam debat lanjutan kali ini yang bertema ekonomi makro dan perkotaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan penggunaan sejumlah alat bantu.

Ada podium, kertas dan juga bolpoin atau pena yang boleh digunakan para cawapres yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Namun tidak dengan penggunaan teleprompter.

Sementara lokasi debat yang sebelumnya venue di gedung KPU kini akan dipindah ke Jakarta Convention Center (JCC). Acara debat dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Sementara pada debat sebelumnya, tiga capres hanya dilengkapi dengan mikropon tempel dan berdiri di arena yang melingkar. Mereka menjawab pertanyaan para panelis dan juga para pesaingnya tidak dibantu dengan alat tulis, kertas apalagi podium.

KPU sendiri menyatakan, keberadaan podium ini merupakan permintaan tim paslon usai dilakukan evaluasi atas debat capres perdana.