Logo Bloomberg Technoz

Skandal Daihatsu, Toyota Indonesia Rinci Nasib Avanza-Yaris Cross

Angga Indrawan
22 December 2023 09:40

Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)
Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Skandal Daihatsu berkaitan pemalsuan sertifikasi uji tabrakan dan keamanan berdampak ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Sejumlah mobil yang diinvestigasi diketahui dibuat di Indonesia, mulai dari Avanza hingga Yaris Cross.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan penghentian produksi dan penangguhan pengiriman ke sejumlah negara. Tidak diungkapkan secara rinci, namun dipastikan berkaitan dengan produk-produk yang dibuat TMMIN hingga Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia.

"Toyota Indonesia melakukan penangguhan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia, khususnya untuk produk-produk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu," tulis pernyataan resmi perusahaan, Kamis (21/12/2023).

Toyota dalam kesempatan tersebut juga memberikan imbauan kepada pelanggan di Indonesia tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apa pun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa. 

"Didasari bahwa seluruh kendaraan Toyota (termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu) dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku," lanjut pernyataan tersebut.