Logo Bloomberg Technoz

Zulhas Viral Disebut Lecehkan Agama, Ini Isi Ucapannya

Pramesti Regita Cindy
22 December 2023 09:50

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Dok: Kemendag)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Dok: Kemendag)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas viral ucapannya soal gerakan salat. Usai viral, ucapan Zulhas lalu dilaporkan ke polisi. Menteri Perdagangan (Mendag) tersebut dianggap telah melakukan penistaan agama.

Hal itu bermula dari ucapan viral Zulhas yakni sebagai berikut.

"Saya keliling daerah, anu, pak Kiai pak Kiai Toha, kalau sini aman, Jakarta enggak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau salat Maghrib baca 'waladholin' Al-Fatihah baca 'waladholin..' Ada yang diem sekarang, pak. Ada yang diem sekarang banyak saking cintanya sama pak Prabowo itu," kata Zulhas dalam Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2023).

"Itu kalau tahiyatul akhir awalnya gini (menunjukan jari telunjuk) sekarang jadi gini (menunjukkan dua jari, telunjuk dan tengah)," kata dia lagi. "Itu pak teman-teman itu saking itu pak."

Zulhas dalam kesempatan itu sempat menyinggung soal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kondisi demokrasi. Namun dia juga ternyata bicara soal gerakan salat yang dianggap kini tak lagi sama.