Logo Bloomberg Technoz

"Terkait proses sertifikasi, kami juga berkoordinasi penuh dengan otoritas pemerintah sebagai pemangku kepentingan dan penentu proses homologasi di Indonesia. Telah ditentukan produksi domestik ADM tetap beroperasi normal sesuai dengan rencana untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia," lanjut pernyataan tersebut.

Merek-merek mobil terlibat Skandal Daihatsu, diproduksi ADM:

Skandal Daihatsu terungkap dalam laporan investigasi yang dilakukan Daihatsu Motor Co., Ltd dengan melibatkan investigator Komite Pihak Ketiga Independen, Rabu (20/12/2023). 

Investigasi skandal Daihatsu dilakukan dengan menginvestigasi penyimpangan prosedur, yang hasilnya telah dilaporkan kepada Toyota Motor Corporation (Toyota). Item-item yang dilakukan investigasi berkaitan dengan lapisan pintu, airbag, hingga penyimpangan laporan dokumen terkait uji tabrakan samping.

Adapun merek-merek mobil terlibat Skandal Daihatsu yang diproduksi ADM untuk pasar ekspor adalah Toyota Agya hingga Rush. Dalam lampiran laporan investigasi tersebut, ADM melakukan produksi Toyota Agya untuk pasar ekspor di Ekuador, Uruguay, dan Kamboja. ADM juga memproduksi Toyota Rush untuk pasar ekspor Ekuador dan Malayasia.

1. AGYA / WIGO (Astra Daihatsu Motor/ADM-Indonesia. Temuan penyelewengan: Ekuador, Uruguay, Kamboja)

2. RUSH (ADM-Indonesia/PGMSB. Temuan penyelewengan: Ekuador, Malaysia)

3. XENIA (Astra Daihatsu Motor/ADM-Indonesia. Temuan penyelewengan: Indonesia)

4. AVANZA (ADM/Toyota Motor Vietnam/Toyota Motor Manufacturing Indonesia-TMMIN/TMV. Temuan penyelewengan: Indonesia, Meksiko, Kamboja, Thailand, Vietnam, Peru, Bolivia)

5. RAIZE (Astra Daihatsu Motor-ADM Indonesia. Temuan penyelewengan: Ekuador, Meksiko)

(ain)

No more pages