Logo Bloomberg Technoz

Daihatsu Indonesia Setop Produksi Imbas Skandal, Agya hingga Rush

Angga Indrawan
22 December 2023 08:19

Pameran mobil Agya yang menjadi grup Toyota Motor Corp. (Dok Bloomberg)
Pameran mobil Agya yang menjadi grup Toyota Motor Corp. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Astra Daihatsu Motor (ADM)/Daihatsu Indonesia menginformasikan penghentian sementara produksi mobil untuk pasar ekspor. Hal ini berkaitan dengan hasil investigasi skandal Daihatsu yang Motor Co terhadap skandal uji sertifkasi keselamatan di sejumlah negara.

"Sesuai arahan prinsipal, produksi ADM untuk pasar ekspor akan ditangguhkan sementara, menunggu konfirmasi dari otoritas di negara tujuan ekspor," bunyi keterangan pers Daihatsu Indonesia, dalam laman resminya, Jumat (22/12/2023).

"Daihatsu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan hingga saat ini yang selalu memilih Daihatsu sebagai sahabat berkendara," lanjut pernyataan tersebut.

Dalam pernyataan resmi perusahaan tersebut, Daihatsu Indonesia juga meminta memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. ADM bersama prinsipal, lanjutnya, telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan. 

"Kendaraan Daihatsu juga sudah memenuhi regulasi yang berlaku. Dan, kami pun tetap berkoordinasi dengan otoritas pemerintah Indonesia. Pelanggan Daihatsu tetap dapat menggunakan kendaraannya dengan aman dan nyaman," lanjut pernyataan tersebut.