Logo Bloomberg Technoz

Para pemimpin dari berbagai spektrum politik negara tersebut dan di seluruh dunia menyampaikan belasungkawa mereka. 

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dia "sangat terkejut" oleh serangan itu. Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden "berdoa untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai, dan semua orang yang terkena dampak tindakan kekerasan yang tidak masuk akal tersebut."

Menteri Dalam Negeri Vit Rakusan mengatakan beberapa senjata api dan sejumlah besar amunisi ditemukan di gedung Fakultas Seni. Hanya reaksi cepat polisi yang dapat mencegah puluhan korban jiwa lainnya.

Kepala polisi Martin Vondrasek mengatakan pelaku secara sah memiliki beberapa senjata. Sebelumnya pada hari yang sama, pihak berwenang menemukan ayah sang pelaku tewas di sebuah desa di dekat Praha. Merekajuga mendapat informasi bahwa pelaku berangkat ke ibu kota dengan niat bunuh diri.

Vondrasek mengatakan sang pelaku entah bunuh diri atau tewas ketika polisi membalas tembakan. Pihak keplisian sedang menyelidiki kemungkinan bahwa dia terlibat dalam pembunuhan ganda yang tidak ada hubungannya dengan penembakan di Praha pekan lalu.

Menteri Pendidikan Ceko Mikulas Bek, yang belajar di departemen tersebut, menaruh lilin di gedung utama Universitas Charles sebagai bentuk simpati untuk para korban.

Para pejabat Ceko tidak segera menyebutkan motif di balik penembakan tersebut. Kejadian ini adalah sebuah peristiwa langka di negara yang membatasi akses terhadap senjata api dengan mewajibkan pemilik senjata untuk lulus tes tertulis dan praktik serta pemeriksaan psikologis.

"Ini adalah tragedi yang tidak terbayangkan," kata Rakusan. "Suasana di Praha menjelang Natal telah berubah, oleh tindakan seorang penembak gila, menjadi sesuatu yang tidak dapat dikenali."

Lokasi penembakan di Praha. (Sumber: Bloomberg)

Dilaporkan oleh TV Ceko, para siswa mengunci diri di dalam kelas atau berlari keluar dari gedung dengan tangan di atas kepala setelah penembakan terdengar. Rekaman televisi menunjukkan orang-orang berusaha bersembunyi dengan berdiri di tepi gedung. Beberapa berlindung di bangunan dekat tempat duduk Philharmonic Praha. Secara keseluruhan, 25 orang terluka, termasuk 10 orang dengan luka serius.

Puluhan mobil polisi dan para petugas, termasuk beberapa yang membawa senapan mesin, mengepung area sekitar lokasi kejadian, yang berada di jantung pusat kota Praha yang terkenal. Pihak kepolisian dijadwalkan akan menggelar jumpa pers pada pukul 11 pagi di Praha pada Jumat.

Departemen universitas tempat penembakan terjadi berada di sebuah bangunan batu kapur di Lapangan Jan Palach, dengan pemandangan Istana Praha di seberang sungai Vltava.

Didirikan pada tahun 1348, Universitas Charles adalah salah satu universitas tertua di dunia. Praha, ibu kota Ceko yang dahulu berada di balik Tirai Besi, menarik jutaan wisatawan setiap tahun.

(bbn)

No more pages