Logo Bloomberg Technoz

Apple memposting sebuah pesan di situs webnya yang mengatakan mereka "tidak lagi menjual unit Apple Watch di AS dengan kemampuan untuk mengukur oksigen dalam darah."  Model Apple Watch SE tanpa fitur tersebut masih dijual.

Larangan penjualan ini diberlakukan oleh Komisi Perdagangan Internasional AS, yang memutuskan bahwa Apple melanggar dua paten teknologi kesehatan terkait pengukuan oksigen dalam darah yang dimiliki oleh Masimo Corp yang berbasis di Irvine, California.

Secara terpisah, tim layanan pelanggan Apple diberitahu dalam sebuah memo bahwa perusahaan tidak akan lagi mengganti model-model yang sudah lewat masa garansi ke Apple Watch Series 6. Artinya, jika layar jam pelanggan rusak, misalnya, mereka tidak akan memperbaiki masalah tersebut.

Perusahaan masih akan tetap menawarkan bantuan yang bisa dilakukan melalui software, seperti menginstal ulang sistem operasi.

Perwakilan perusahaan diminta memberi tahu pelanggan yang terkena dampak bahwa mereka akan dihubungi ketika penggantian perangkat keras diizinkan kembali. Secara umum, sebelum larangan, Apple tidak dapat memperbaiki sebagian besar masalah perangkat keras pada smartwatch tersebut, dan sebagai gantinya, mengganti unit tersebut.

Keputusan untuk menghentikan penggantian jam tangan berdampak pada sebagian besar Apple Watch baru yang dijual sejak 2020, termasuk Series 6, 7, 8, dan Ultra, ditambah dengan 9 dan Ultra 2 saat ini. Semua model tersebut menyertakan fitur pengukuran oksigen dalam darah yang dianggap tercakup oleh paten tersebut.

Pembeli jam tangan sebelum 25 Desember dan model yang masih dalam masa garansi tidak terpengaruh larangan penggantian. Garansi yang diseratakn untuk perangkat tersebut biasanya satu tahun, sementara pengguna dapat membayar AppleCare untuk memperpanjang jangka waktu tersebut.

Setelah 25 Desember, Apple juga tidak akan dapat menukar jam tangan yang dibeli sebelum larangan, misalnya untuk ukuran atau warna yang berbeda, selama periode pengembalian biasa. Staf ritel diberitahu bahwa pertukaran produk tidak diperbolehkan, tetapi Apple akan mengganti aksesori seperti tali jam. Jam tangan masih dapat dikembalikan untuk pengembalian dana.

Larangan terhadap jam tangan tetap berlaku sampai Apple mencapai kesepakatan lisensi dengan Masimo, mendapatkan keringanan federal, atau memperbaiki masalah tersebut. Apple sedang mengerjakan pembaruan perangkat lunak yang diyakini dapat mengatasi masalah ini.

(bbn)

No more pages