Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, kelompok militan Houthi yang didukung Iran memperingatkan akan membalas jika AS melakukan serangan terhadap pangkalan mereka di Yaman.

Grafik harga minyak. (Sumber: Bloomberg)

Harga minyak mentah mengalami reli di awal pekan ini karena meningkatnya serangan di Laut merah yang membuat para pengirim barang mengalihkan kapal-kapal dari jalur energi utama. Meskipun demikian, harga minyak diperkirakan masih akan mengalami penurunan tahunan pertama sejak 2020, karena lonjakan produksi di AS, Guyana, dan Brasil mengimbangi penurunan produksi yang dilakukan Arab Saudi dan kartel OPEC+.

Laut Merah

Hampir 12% dari perdagangan global melewati Laut Merah. Lebih dari 100 kapal kontainer saat ini mengambil rute panjang mengelilingi Afrika karena takut kapalnya diserang.

Sementara AS sedang mempertimbangkan tindakan militer terhadap Houthi, mereka lebih memilih solusi diplomatik. Mereka bekerja sama dengan sekutu-sekutu barat dan Arab untuk meningkatkan kekuatan perlindungan maritim.

"Sampai koalisi angkatan laut" pada akhirnya "menunjukkan kekuatannya, situasi Laut Merah akan terus memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pemikiran para pelaku minyak," kata Tamas Varga, seorang analis di broker PVM Oil Associates Ltd.

Harga:

- WTI untuk pengiriman bulan Februari turun 33 sen dan ditutup pada $73,89 per barel di New York.
- Brent untuk penyelesaian bulan Februari turun 31 sen dan ditutup pada $79,39 per barel.

(bbn)

No more pages