Logo Bloomberg Technoz

Avanza Sampai Yaris, Ini Daftar Mobil yang Kena Skandal Daihatsu

Redaksi
21 December 2023 20:17

Toyota. (Dok: Bloomberg)
Toyota. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Daihatsu merilis sejumlah merek mobil yang jadi temuan penyimpangan atau skandal pemalsuan serifikat uji keselamatan. Sejumlah pabrikan terseret, termasuk di Indonesia.

Laporan hasil investigasi tersebut diterbitkan pada 20 Desember 2023. Terdapat lampiran List of models newly irreguralties found (model ketidaksesuaian yang baru ditemukan).

Daihatsu membagi hasil investigasi tersebut menjadi beberapa sub, salah satunya mobil-mobil yang diproduksi dan beredar untuk perdagangan domestik, dan temuan kendaraan berdasarkan jumlah produksi/pengembangan di sejumlah negara. Semua angka-angka produksi termutakhirkan per 20 Desember 2023.

Sejumlah merek terlibat skandal Daihatsu:

1. AGYA / WIGO
2. AXIA
3. RUSH
4. ARUZ
5. XENIA
6. AVANZA
7. VELOZ
8. ALZA
10. RAIZE
11. ATIVA
12. BEZZA
13. YARIS/VIOS
14. YARIS CROSS

Pabrikan Indonesia Terseret

Laporan berbentuk tabel mengenai merek-merek tersebut lantas menyeret pabrikan Indonesia. Astra Daihatsu Motor, misalnya, mereka memproduksi Agya untuk penjualan ekspor ke Ekuador, Uruguay, dan Kamboja. ADM juga mengembangkan Toyota Raize yang diekspor untuk pasar Ekuador dan Meksiko.

"XENIA, diluncurkan November 2011, entitas penghasil ADM. Temuan destinasi penyimpangan: Indonesia," tulis laporan tersebut.