Logo Bloomberg Technoz

Meskipun ada tekanan ke atas pada pengeluaran, Kantor Tanggung Jawab Anggaran memperkirakan pinjaman untuk tahun 2023-24 secara keseluruhan mencapai £124 miliar, sedikit di bawah £130,5 miliar yang tercatat setahun sebelumnya. Peningkatan ini mencerminkan fakta bahwa pemerintah menghabiskan puluhan miliar pada musim dingin lalu untuk menyubsidi biaya energi yang terus meningkat.

Utang pemerintah saat ini mendekati ukuran ekonomi namun OBR memperkirakan Kanselir Jeremy Hunt memiliki ruang gerak sebesar £13 miliar yang bertentangan dengan peraturan fiskalnya, yang mengharuskan utang turun sebagai bagian dari PDB pada tahun kelima perkiraan.

Hal ini membuka prospek bahwa Hunt akan mengumumkan pemotongan pajak lebih lanjut dalam anggaran musim semi untuk meningkatkan kekayaan Partai Konservatifnya sebelum pemilihan umum yang akan diadakan tahun depan.

Kanselir mungkin mendapati bahwa ia memiliki lebih banyak ruang untuk bermanuver, berkat inflasi yang turun lebih cepat dari perkiraan dan penurunan ekspektasi suku bunga pasar selama beberapa minggu terakhir. Perkembangan ini dapat menghemat miliaran poundsterling dalam biaya utang.

(bbn)

No more pages