Logo Bloomberg Technoz

Defisit Anggaran Inggris Bengkak 27%, Atasi Krisi Biaya Hidup

News
21 December 2023 19:30

Ilustrasi pusat perdagangan dan industri Inggris. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pusat perdagangan dan industri Inggris. (Dok: Bloomberg)

Andrew Atkinson dan Philip Aldrick - Bloomberg News

Bloomberg, Utang Pemerintah Inggris meningkat tajam dalam delapan bulan pertama tahun fiskal ini. Tunjangan untuk membantu orang-orang yang mengalami krisis biaya hidup mendorong peningkatan pengeluaran pemerintah.

Kantor Statistik Nasional mengatakan pada Kamis, defisit antara April dan November naik menjadi £116,4 miliar (US$147 miliar), naik 27% dari tahun sebelumnya. Pada November saja terjadi kekurangan sebesar 14,3 miliar poundsterling, lebih besar dari 13 miliar poundsterling yang diperkirakan oleh para ekonom.

Kenaikan pada tahun berjalan mencerminkan pengeluaran untuk mengompensasi warga Inggris atas inflasi tertinggi dalam beberapa dekade. Menurut ONS, biaya kesejahteraan naik 12% dari tahun sebelumnya setelah tunjangan dinaikkan 10% pada April, sementara biaya staf sektor publik juga naik 12%.

Kenaikan-kenaikan ini sebagian diimbangi oleh penurunan 15% dalam pembayaran bunga utang, yang mencerminkan penurunan tingkat inflasi yang digunakan untuk menentukan pembayaran pada obligasi yang terkait dengan indeks. Bulan lalu, bagaimanapun, biaya utang mencapai £7,7 miliar, total November tertinggi sejak pencatatan dimulai pada tahun 1997.