Logo Bloomberg Technoz

Kisah Terdepaknya 2 Bos Indonet dari Kepemilikan Saham EDGE

Mis Fransiska Dewi
21 December 2023 17:50

Indointernet atau Indonet. (Dok: Perusahaan)
Indointernet atau Indonet. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Terdapat dua nama lain yang telah melepas kepemilikan saham mereka di PT Indointernet Tbk (EDGE) atau Indonet, selain Otto Toto Sugiri. Adalah Han Arming Hanafia dan Bing Moniaga yang mereset kepemilikan menjadi 0, dari sebelumnya menggenggam ratusan juta saham EDGE.

Han Arming Hanafia dan Bing Moniaga adalah pemegang saham yang tercatat dalam dokumen perusahaan. Dalam laporan keuangan kuartal ketiga 2023, Han Arming Hanafia mewakili kepemilikan 30.094.000 saham atau 7,45%, dan Bing Moniaga 26.040.600 saham (6,44%).

Artinya kedua bos Indonet ini masih dalam kepemilikan saham di atas  5%, bersama dengan Otto Toto Sugiri dan Digital EDGE (Hong Kong) Limited. Sisanya sekitar 42,22 juta saham (10,45%) tersebar lewat kepemilikan publik.

Indonet kemudian menggelar aksi korporasi pemecahan nilai nomimal saham atau dikenal stock split dengan rasio 1:5, dengan perubahan nilai nominal yang awalnya Rp50 menjadi Rp10.

Dampak turunnya adalah bukan hanya harga sahamnya terpangkas 20% lebih murah, namun total saham beredar juga lima kali lebih banyak, termasuk yang dimiliki oleh seluruh pemegang saham seperti Han Arming Hanafia dan Bing Moniaga.