Logo Bloomberg Technoz

Hubungan China-Filipina Makin Panas karena LCS

News
21 December 2023 17:40

Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)
Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)

Evelyn Yu - Bloomberg News

Bloomberg,  Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Filipina bahwa hubungan anatra kedua negara kini menghadapi "kesulitan serius" di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan (LCS).

Filipina telah mengubah sikapnya, mengingkari komitmennya, dan terus "memprovokasi dan menciptakan masalah di laut," kata Wang kepada Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo melalui panggilan telepon pada Rabu, menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China.

Manalo menyebut pembicaraan keduanya "terbuka dan jujur" dalam pernyataan singkat yang dirilis pada Kamis. Dia menambahkan, kedua pihak "mengakhiri percakapan telepon kami dengan pemahaman yang lebih jelas mengenai posisi masing-masing dalam sejumlah isu."

Percakapan tersebut terjadi sehari setelah Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr mengatakan bahwa Manila harus mengubah pendekatannya dalam menangani agresi Beijing di Laut China Selatan, yang klaimnya tumpang tindih dengan beberapa negara Asia Tenggara. Marcos menolak pendekatan yang tidak konfrontatif terhadap China yang diambil oleh para pendahulunya saat mulai menjabat tahun lalu.