Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, peneriman insentif itu juga kini tidak hanya perorangan, melainkan juga kelompok masyarakat, lembaga pemerintah maupun nonpemerintah/swasta.

Adapun, periode pemberian insentif tersebut mulai dari tahun ini dengan batas sasaran total 50.000 unit, dan dilanjutkan pada 2024 dengan total 150.000 unit.

"Jumlah unit sepeda motor listrik konversi sebagaimana dimaksud pada ayat (6) dapat dievaluasi berdasarkan kebijakan pemerintah terkait program Konversi," papar beleid tersebut.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin mengatakan insentif motor listrik selama ini masih belum menarik minat masyarakat.

Maka dari itu, penambahan insentif konversi molis tersebut dilakukan untuk mendongrak kembali minat masyarakat. "Jadi kalau di-support Rp7 juta, orang masih mikir," ujar Rachmat belum lama ini.

Saat ini, minat masyarakat untuk mengikuti konversi motor listrik memang masih jauh dari target pemerintah sebesar 200.000 unit hingga 2024

Berdasarkan situs pembelian motor listrik Kementerian Perindustrian atau Sisapira, per November, sisa kuota motor listrik yang bisa dipesan masyarakat masih tersedia sebanyak 188.486 unit.

(ibn/wdh)

No more pages