Logo Bloomberg Technoz

Apple Watch 9 dibekali cip S9 SiP, lebih canggih daripada seri sebelumnya yaitu Apple Watch 8. Kemampuan terbaik hadir pada lini produk ini dengan tingkat layar lebih terang. Fitur cangguh lain adalah Siri yang terpisah dari ponsel pintar iPhone. Siri pada Apple Watch 9 dapat bekerja lebih cepat karena tidak lagi mengandalkan wifi ataupun jaringan seluler.

Berkat penggunaan cip S9 SiP, Apple Watch 9 memiliki daya tahan hingga 18 jam. Deidre Caldbeck, Director of Apple Watch Marketing mengatakan bahwa penggunaan cip S9 SiP mempercepat kinerja GPU 30%  daripada cip seri sebelumnya, menyebabkan pergerakan animasi yang lebih mulus.

Cip S9 SiP dilengkai dengan 4 inti Neural Engine, yang menjadikan proses kinerja teknologi AI dua kali lebih cepat. Selain penggunaan cip S9 SiP, Apple Watch 9 juga memiliki fitur yang telah diperbarui yaitu fitur double tab gesture atau gestur ketuk dua kali. Hal ini memudahkan pengguna agar dapat mengatur jam hanya menggunakan satu tangan. Bahkan tanpa menyentuh layar, pengguna dapat menggunakan fitur lainnya seperti mengangkat atau mematikan telepon dan memotret dengan menggunakan fitur Camera Remote.

Fitur gestur ketuk dua kali juga dapat digunakan pada aplikasi lain seperti Smart Stack, Timer, Stopwatch, Alarm, dan Audiobooks. Apple Watch 9 menggunakan WatchOS 10, yang punya daya tahan bekerja pada banyak aplikasi pada layar jam smartwatch. WatchOS 10 yang telah diperbarui pada seri Apple Watch 9 merupakan salah satu fitur unggulan dibanding seri sebelumnya.

Dengan menampilkan tampilan Digital Crown pada smartwatch tersebut, pengguna dapat mengatur aplikasi yang akan sering digunakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari pada layar tampilan depan.

Apple Watch 9. (Dok: Bloomberg)

Fitur kesehatan terbaru hadir pada smartwatch Apple Watch 9, guna mengetahui kondisi tubuh, seperti Elektrokardiogram atau EKG - yang dapat membantu pengguna mengetahui kondisi kesehatan jantung berdasarkan detak jantung lewat deteksi dari smartwatch.

Fitur kesehatan lain pada Apple Watch 9 adalah sensor canggih yang dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Fitur ini yang diduga menggunakan paten dari Masimo. Dengan fitur ini pengguna dapat menilai kondisi kesehatan hingga mengukur tingkat kebugaran pengguna.

Fitur deteksi tidur juga merupakan fitur andalan pada smartwatch Apple Watch 9. Gunanya memantau kualitas tidur penggunanya.

Setelah mengeluarkan produk Apple Watch 9, Apple meluncurkan kembali smartwatch seri lainnya yaitu Apple Watch Ultra 2. Berikut ulasan mengenai Apple Watch Ultra 2 untuk anda.

Apple Watch Ultra 2

Pengunjung toko ritel Apple di New York. (Dok: Bloomberg)

Apple Watch Ultra 2 hampir memiliki kesamaan fitur dengan Apple Watch 9, namun Apple Watch Ultra 2 dilengkapi dengan beberapa tambahan spesifikasi premium.

smartwatch ini dirancang untuk para petualang atau pengguna yang sering berada diluar ruangan. Chip S9 SiP juga digunakan pada smartwatch seri ini, sehingga memiliki fitur yang serupa dengan Apple Watch 9 yaitu fitur gestur ketuk dua kali.

Meskipun Anda menggunakan sarung tangan atau tangan dalam keadaan kotor atapun basah, Anda tetap bisa mengontrol Apple Watch Ultra 2 seperti biasanya.

Apple Watch Ultra 2 dirancang untuk bagi pengguna berada diluar lapangan atau sedang berpetualang sekalipun. Kemampuan Apple Watch Ultra 2 dilengkapi dengan daya tahan berada di bawah air dengan kedalaman sampai 100 meter, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan melakukan aktivitas bawah laut dengan menggunakan smartwatch ini.

Apple Watch Ultra 2 di desain dengan bodi tangguh dan kuat yang terbuat dari titanium ringan, menjadikan bodi kuat tapi bobot tetap terasa ringan. Apple Watch Ultra 2 dilengkapi dengan ketahanan baterai sampai dengan 72 jam dalam mode daya rendah dan 36 jam pada mode normal.

Apple Watch Ultra 2. (Dok: Bloomberg)

Daya tahan baterai hingga 72 jam, pengguna tidak perlu lagi untuk ragu menggunakan fitur seperti mendengarkan musik atau menggunakan peta dan kompas saat berada dalam kegiatan outdoor seperti berkemah atau hiking. Dengan ukuran diameter 44 mm, dapat menjadikan Apple Watch Ultra 2 fleksibel digunakan saat melakukan kegiatan outdoor.

(fik/wep)

No more pages