Logo Bloomberg Technoz

Konflik Laut Merah Menambah Valuasi Perusahaan Pelayaran Rp343 T

News
21 December 2023 08:05

Tanker minyak melewati jalur perdagangan Laut Merah./dok. Bloomberg
Tanker minyak melewati jalur perdagangan Laut Merah./dok. Bloomberg

Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Serangan kelompok Houthi terhadap kapal-kapal dagang saat mereka berlayar melalui Laut Merah meningkatkan nilai saham perusahaan-perusahaan yang mengangkut segala macam barang, mulai dari manufaktur, minyak, hingga komoditas.

Gabungan kapitalisasi pasar perusahaan-perusahaan pelayaran publik terbesar di dunia telah melonjak sekitar US$22 miliar atau setara Rp343 T sejak 12 Desember, ketika serangan benar-benar meningkat.

Kenaikan ini disebabkan oleh banyaknya kapal yang memilih menghindari area konflik, di mana biaya asuransi melonjak. Artinya, mereka tidak dapat menggunakan Terusan Suez di Mesir untuk membelah Asia dan Eropa, dan sebaliknya harus berlayar ribuan mil mengelilingi Afrika untuk melakukan pengiriman.

Jarak yang lebih jauh menyita armada yang lebih lama, sehingga mengurangi ketersediaan kapal. Keterlambatan juga akan menyebabkan beberapa gangguan karena kapal mencapai tujuannya lebih lambat dari yang diharapkan, dan mengalami penundaan untuk kembali ke muatan berikutnya. Hal ini semakin menggerus pasokan kapal.

Valuasi perusahaan pelayaran. (Sumber: Bloomberg)