Logo Bloomberg Technoz

Gerakan Larang iPhone di Lingkungan Pemerintah China Makin Masif

News
20 December 2023 20:00

Pelanggan melihat smartphone apple iPhone 15 saat hari pertama penjualandi toko Apple Inc. di Shanghai, China, Jumat (22/9/2023). (Bloomberg)
Pelanggan melihat smartphone apple iPhone 15 saat hari pertama penjualandi toko Apple Inc. di Shanghai, China, Jumat (22/9/2023). (Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Makin banyak perusahaan yang didukung pemerintah China, termasuk lembaga negara, meminta para staf untuk berhenti menggunakan iPhone dan perangkat asal asing lainnya saat bekerja. Hal ini belum terjadi sebelumnya, hingga berpeluang besar aksinya meluas dengan pemblokiran Apple Inc dan Samsung Electronics Co di pasar ponsel terbesar dunia tersebut.

Beberapa perusahaan negara dan departemen pemerintah—setidaknya di delapan provinsi — telah menginstruksikan karyawan dalam satu atau dua bulan terakhir untuk membawa merek lokal, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Sebuah langkah besar sejak sekitar bulan September, ketika sejumlah kecil lembaga di Beijing dan Tianjin mulai memberi tahu staf untuk meninggalkan perangkat asing di rumah, kata orang-orang itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Upaya yang jauh lebih luas dan terkoordinasi ini menandai percepatan dramatis kampanye Beijing untuk melepaskan diri dari teknologi Amerika, bertepatan dengan bangkitnya popularitas merek lokal Huawei Technologies Co.