Logo Bloomberg Technoz

Calon Haji 2024 Diperketat, Cek 4 Kategori Isthitaah Kesehatan

Angga Indrawan
20 December 2023 19:10

Petugas memasangkan gelang ke calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Petugas memasangkan gelang ke calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag, Arsad Hidayat menegaskan penyelenggaraan haji 2024 akan lebih diperketat dalam tes kesehatan. Arsad menegaskan semua jemaah haji wajib sehat, guna menghindari kasus 840 jemaah wafat di Tanah Suci tahun lalu.

Arsad mengatakan Kemenag memperkuat dan memperketat kebijakan istithaah kesehatan bagi Jemaah Haji sebagai syarat pelunasan Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji).

“Total jemaah kita yang wafat pada operasional haji kemarin mencapai 820 orang, dan kami lihat peningkatan angka jemaah wafat ini terjadi setelah puncak haji di Armuzna,” ujar Arsad di Semarang, akhir pekan lalu dilansir situs Kemenag.

Arsad membandingkan tren tersebut dengan kondisi di Malaysia. Diketahui pada musim haji 1444H/2023M, Malaysia memberangkatkan sekitar 35ribu jemaah dan hanya 13 jemaah di antaranya yang dinyatakan wafat hingga akhir operasional haji.

“Kita langsung lakukan benchmarking (studi tiru) ke Tabung Haji Malaysia untuk mengetahui apa rahasia mereka hingga dapat menekan angka kematian jemaah sekecil mungkin. Ternyata rahasianya adalah kedisiplinan mereka dalam menerapkan istithaah kesehatan jemaah,” ungkap Arsad.