Logo Bloomberg Technoz

Efek Kalah Sengketa Hak Paten, Apple Kirim Memo ke Karyawan

Redaksi
20 December 2023 18:10

Apple Watch. (Dok: Bloomberg)
Apple Watch. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz - Jakarta, Apple Inc dikabarkan mengeluarkan pengumuman internal kepada unit CS, khususnya petugas pelayanan pelanggan, agar tidak memberi tahu kepada pelanggan di mana mereka dapat membeli jam tangan pintar atau Apple Watch, seiring dengan kasus hukum terkait sengketa paten yang sedang berlangsung.

Diketahui Apple memutuskan menghentikan penjualan dua seri, Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 besok Kamis (21/12/2023) secara online. Sedangkan penghentian operasi di toko ritel berlangsung tepat saat malam natal.

Keputusan Apple tidak berdampak pada perusahaan ritel yang menjual produk jam tangan perusahaan, seperti Walmart Inc. Best Buy Co, dan Target Corp. Ketiganya tetap dalam menjual Apple Watch karena terdapat celah hukum.

Namun karyawan mendapat memo untuk tidak memberi panduan apapun untuk pembeli Apple Watch, dilansir Benzinga, Rabu (20/12/023).

Apple Watch. (Dok: Bloomberg)

Komisi Perdagangan Internasional (International Trade Commission/ITC) mengeluarkan putusan bahwa Apple terbukti melanggar hak paten milik Masimo Corp, pengembang teknologi di industri kesehatan pada bulan Oktober. Apple menyematkan fitur sensor oksigen dalam darah ke dalam produk jam mereka tahun 2020, yang patennya dimiliki Masimo.