Logo Bloomberg Technoz

Kata Dokter Soal Saraf Kejepit Bisa Sembuh dengan Pijat

Dinda Decembria
20 December 2023 17:00

dr Asrafi ahli dsaraf. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dinda Decembria)
dr Asrafi ahli dsaraf. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dinda Decembria)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Banyak dari masyarakat menganggap saraf kejepit bisa disembuhkan dengan pijat. Apa kata dokter terkait hal tersebut?

"Sampai saat ini literatur kedokteran tidak ada penelitian untuk pijat atau urut seperti kasus kejepit atau pun patah tulang, hanya operasi atau terapi yang dianjurkan dokter", kata Konsultan Tulang Belakang  Eka Hospital BSD, dr Asrafi Rizky Gatam Sp. OT (K) spine di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

dr Asrafi juga menjelaskan soal risiko sering mengangkat galon bisa menyebabkan saraf kejepit. Menurtnya semua itu tergantung dari posisi saat mengangkat barang-barang yang berat tak hanya galon.

''Bantalan robek sangat tinggi sekali ketika seseorang mengambil galon di lantai tapi langsung berdiri tanpa rukuk dahulu. Itu kadang bisa menyebabkan saraf kejepit,” tambah dr Asrafi. 

dr Asrafi juga mengingatkan dalam pencegahan sakit saraf kejepit yakni memperbanyak mobilitas gerak seperti aktivitas fisik berolahraga wajib dijalani pada setiap orang. Selain bergerak, metabolisme yang dihasilkan juga berdampak baik untuk kesehatan.