Logo Bloomberg Technoz

Program Makan Siang Gratis Prabowo Butuh Rp400 T, 4 Skema Dananya

Pramesti Regita Cindy
20 December 2023 14:50

Prabowo-Gibran di Debat Perdana Capres 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU)
Prabowo-Gibran di Debat Perdana Capres 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memprediksi butuh dana Rp 400 triliun untuk makan siang gratis dan susu gratis yang digaungkan paslon tersebut. Program ini akan menyasar 82,9 juta warga Indonesia yakni anak sekolah, ibu hamil dan para santri.

Anggota Dewan Pakar TPN Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo dalam diskusi yang diadakan Greenpeace Indonesia dan CELIOS soal nasib transisi ekonomi hijau mengungkap besarnya bujet yang harus disediakan untuk program makan siang gratis tersebut. Konteksnya, Drajad menjelaskan bahwa Prabowo akan siap menyiapkan hingga Rp1000 triliun untuk ekonomi hijau.

Harga yang dibayar untuk kepentingan ekonomi sekaligus memperhatikan lingkungan tersebut memang tak kecil. Jangankan untuk itu, program makan siang gratis kata dia bisa dianggarkan nantinya hingga Rp400 triliun.

“Bukan hanya Rp 1.000 triliun lebih untuk ekonomi hijau, ada minimal Rp 400 triliun untuk makan siang gratis, kita juga ada beberapa ratus triliun untuk target swasembada energi dan pangan. Jadi memang ada kebutuhan dana yang sangat besar,” kata Drajad dalam diskusi yang dihelat pada Selasa (19/12/2023).

Drajad menjelaskan, memang untuk menyediakan anggaran sebesar itu tak mudah. Namun demikian pihaknya sudah menyiapkan rencana untuk mengkatrol angka penerimaan negara lebih besar termasuk pertama, dari kasus-kasus hukum yang sebenarnya bisa menjadi sumber pemasukan.