Logo Bloomberg Technoz

Apple Watch Dilarang, 5 Smartwatch Ini Bisa jadi Alternatif

Muhammad Fikri
20 December 2023 12:40

Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).
Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Perdagangan Internasional  memutuskan bahwa Apple melanggar paten teknologi kesehatan dan harus memberhentikan penjualan perangkat tersebut di Amerika Serikat (AS). Model-model yang terkena dampak menghasilkan sebagian besar pendapatan jam pintar atau smartwatch perusahaan, diperkirakan sekitar US$17 miliar setiap tahun.

Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California itu melanggar patennya yang terkait dengan pengukuran kadar oksigen dalam darah. Ini adalah fitur pada Apple Watch, yang diperkenalkan pada tahun 2020 dengan Series 6, yang dapat memberi tahu pengguna akan seberapa banyak oksigen dalam darah. Komisi selanjutnya mengatakan pada tanggal 26 Oktober bahwa Apple melanggar dan mengonfirmasi larangan impor AS dan larangan penjualan. Keputusan tersebut mengawali periode tinjauan presiden selama 60 hari di mana Gedung Putih dapat menolak keputusan tersebut. 

Artinya larangan dimulai setelah berakhirnya Hari Natal. Tetapi Apple mengambil langkah awal untuk menghentikan penjualan perangkatnya. Model-model yang terkena dampak akan dicabut dari toko daring Apple pada pukul 3 sore waktu New York pada tanggal 21 Desember. Perusahaan berencana menghentikan penjualan di toko fisiknya pada tanggal 24 Desember. 

Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).

Tanpa veto di menit-menit terakhir dari Gedung Putih atau penyelesaian hukum dengan pemegang paten, Masimo Corp, penjualan perangkat tersebut melalui saluran Apple akan mulai dikurangi pada 21 Desember.

Dengan kondisi seperti ini Anda bisa melirik alternatif jam pintar selain keluaran Apple Inc. Pada beberapa bagian bahkan terkadang fitur rival Apple Watch lebih lengkap atau bahkan sesuai dengan kebutuhan.

1. Garmin