Logo Bloomberg Technoz

Layanan Audiobook Spotify Picu Kekhawatiran di Kalangan Penulis

News
20 December 2023 08:35

Ilustrasi Spotify. (dok Bloomberg)
Ilustrasi Spotify. (dok Bloomberg)

Ashley Carman - Bloomberg News

Bloomberg, Keputusan Spotify Technology SA masuk ke dalam dunia audiobook menghadapi reaksi keras dari para penulis di Amerika Serikat (AS). Mereka khawatir akan dibayar lebih rendah oleh raksasa streaming tersebut.

Spotify mulai menawarkan audiobook gratis kepada jutaan pelanggannya pada Oktober, sebagai bagian dari langganan bulanan mereka. Semua penerbit besar, yang disebut Big Five, ikut serta. Penguin Random House LLC mengatakan mereka "senang" menempatkan judul-judul buku yang diterbitkan di layanan tersebut.

Namun, tidak semua pihak dalam industri buku senang, termasuk Bradley Tusk, seorang pemodal vetura, penulis, dan pemilik toko buku berbasis di New York. Firma advokasi politiknya, Tusk Strategies, merangkul para penulis yang khawatir bahwa peralihan ke streaming akan membuat mereka lebih sulit untuk mencari nafkah.

"Saya sudah cukup sering melihat kejadian yang sama," kata Tusk dalam sebuah wawancara. "Jika pada awal siklus kita bisa mengatakan dan dapat melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menyelesaikannya sebelum menjadi masalah yang sulit diatasi. Itu yang sedang kami coba lakukan."