Logo Bloomberg Technoz

Gugatan tersebut berakhir dengan juri yang tidak sepakat, tetapi komisi tetap mengatakan pada tanggal 26 Oktober bahwa Apple melanggar dan mengonfirmasi larangan impor AS dan larangan penjualan. Keputusan tersebut mengawali periode tinjauan presiden selama 60 hari di mana Gedung Putih dapat menolak keputusan tersebut. Hal itu belum terjadi, dan pernyataan dari Gedung Putih merujuk masalah ini kepada anggota dewan terkait perdagangan AS, Katherine Tai.

2. Model-model mana yang terkena dampak?

Seri tingkat menengah, Series 9, dan kelas atas, Ultra 2, adalah yang terkena dampak utama. Keduanya mencakup fitur kadar oksigen dalam darah dan diperkenalkan pada bulan September. 

Apple juga menjual Apple Watch SE, yang tidak termasuk dalam keputusan tersebut karena tidak memiliki fitur yang dimaksud. Model-model Apple Watch yang lebih lama, termasuk Series 6, 7, dan 8, memiliki fitur tersebut tetapi tidak lagi dijual langsung oleh Apple. Satu catatan penting adalah bahwa Apple masih menawarkan unit Series 8 yang direkondisi dalam jumlah terbatas. Penjualan unit tersebut juga akan dihentikan.

3. Kapan larangan ini dimulai?

Larangan ini sebenarnya dimulai setelah berakhirnya Hari Natal. Tetapi Apple mengambil langkah awal untuk menghentikan penjualan perangkatnya. Model-model yang terkena dampak akan dicabut dari toko daring Apple pada pukul 3 sore waktu New York pada tanggal 21 Desember. Perusahaan berencana menghentikan penjualan di toko fisiknya pada tanggal 24 Desember. Toko-toko tersebut tutup pada Hari Natal.

4. Apakah saya masih bisa membeli Apple Watch di tempat lain?

Setidaknya untuk saat ini, Best Buy, Target, Walmart, dan Amazon diperkirakan akan terus menjual Series 9 dan Ultra 2. Hal ini karena perintah tersebut hanya berlaku untuk penjualan langsung dari Apple. Namun, pengecer pihak ketiga mungkin kehabisan stok jam tangan sebelum masalah ini teratasi. Mereka mungkin tidak dapat mengimpor lebih banyak persediaan dari luar negeri. (Sebagian besar Apple Watch dibuat di China.)

5. Bagaimana jika saya sudah memiliki Series 9 atau Ultra 2?

Keputusan ini tidak berdampak pada Apple Watch yang sudah terjual atau model yang akan terus dijual oleh Apple hingga larangan dimulai. Model-model saat ini tidak akan berhenti berfungsi. Apple juga mendapatkan pengecualian dari komisi untuk dapat memberikan customer support dan perbaikan untuk jam tangan Ultra 2 dan Series 9 yang terjual sebelum tanggal 25 Desember.

6. Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Solusi paling sederhana bagi Apple adalah campur tangan Gedung Putih, tetapi tampaknya tidak mungkin terjadi. Kemungkinan hasil berikutnya adalah penyelesaian dan perjanjian lisensi antara Apple dan Masimo. 

Tetapi CEO Masimo mengatakan pada 19 Desember bahwa Apple tidak menunjukkan minat terhadap hal tersebut. Apple sedang berupaya mengembangkan pembaruan perangkat lunak yang diyakini akan mengatasi masalah ini. Perusahaan perlu mengirimkan perubahan tersebut ke Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS untuk mendapat persetujuan.

7. Bagaimana sejarah antara Apple dan Masimo?

Ketika mengembangkan jam tangan asli sekitar sepuluh tahun yang lalu, Apple berupaya membuat pelacakan kesehatan menjadi komponen inti dari perangkat tersebut. Jadi, perusahaan mencari teknologi dan insinyur di seluruh dunia yang bisa digunakan untuk mewujudkannya. 

Apple memilih Masimo ketika ingin membangun sensor medis baru, seperti untuk saturasi oksigen dalam darah atau detak jantung. Perwakilan dari kedua perusahaan bertemu pada tahun 2013. Beberapa eksekutif Apple mengusulkan agar perusahaan membeli Masimo dan bermitra dengannya. Sebaliknya, Apple mempekerjakan beberapa insinyurnya, termasuk kepala petugas medisnya.

(bbn)

No more pages