Logo Bloomberg Technoz

Heboh Apple Watch Dilarang Dijual di AS, Ini Penyebabnya

News
20 December 2023 08:05

Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).
Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc dijadwalkan akan menghentikan penjualan Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 — jam pintar terbarunya — di toko daring dan fisiknya di Amerika Serikat (AS). Keputusan ini dibuat hanya beberapa hari sebelum liburan Natal. 

Larangan ini muncul setelah Komisi Perdagangan Internasional AS memutuskan bahwa Apple melanggar sepasang paten teknologi kesehatan dan harus menghentikan penjualan perangkat yang melanggar paten tersebut di AS. Model-model yang terkena dampak menghasilkan sebagian besar pendapatan jam pintar perusahaan, diperkirakan sekitar US$17 miliar setiap tahun. 

Tanpa veto di menit-menit terakhir dari Gedung Putih atau penyelesaian hukum dengan pemegang paten, Masimo Corp, penjualan perangkat tersebut melalui saluran Apple akan mulai dikurangi pada 21 Desember.

1. Apa yang terjadi?

Masimo, sebuah perusahaan teknologi medis AS, menggugat Apple, dengan klaim bahwa raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California itu melanggar patennya yang terkait dengan pengukuran kadar oksigen dalam darah. Itu adalah fitur pada Apple Watch, yang diperkenalkan pada tahun 2020 dengan Series 6, yang dapat memberi tahu pengguna akan seberapa banyak oksigen dalam darah.