Logo Bloomberg Technoz

Platform martketplace yang didukung oleh grup Djarum ini menawarkan produk dengan strategi bisnis Online to Offline (O2O) dan Business to Business (B2B). Kategori yang menjadi daya jual adalah produk makanan dan minuman, serta home living dan home care.

Zalora

Zalora secara spesifik menyasar pengguna yang menjadi produk fesyen, dimana platform masuk dalam posisi tiga besar di pasar ini.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia. (Dok: Bloomberg)

Berdasarkan data Statista, Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paling unggul dalam hal kunjungan pengguna. Tokopedia meraih rata-rata bulanan 158,35 juta kunjungan. Shopee, yang menjadi didukung oleh perusahaan teknologi Sea Ltd berada di urutan kedua dengan 131,3 juta kunjungan.

Posisi selanjutnya di urutan ketiga hingga kelima masing-masing Lazada dengan 26,64 juta, Bukalapak 21,3 juta, dengan Blibli 19,74 juta.  Data trafik ini menurut Sirclo bukan menjadi gambaran dalam keterjangkauan pasar. “Sebuah merek harus memiliki pemahaman yang kuat terkait kategori mereka untuk memetakan marketplace yang paling cocok untuk dimasukin,” tulis Sirclo.

(wep)

No more pages