Logo Bloomberg Technoz

Produk Jualan Online yang Paling Laris di 6 Platform E-commerce

Muhammad Fikri
20 December 2023 07:25

Ilustrasi belanja online saat festival belanja 10.10. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi belanja online saat festival belanja 10.10. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sirclo memaparkan temuan produk jualan online yang paling laku pada enam e-commerce Indonesia, dengan Tokopedia menjadi platform di urutan pertama yang paling banyak dikunjungi. Dalam hal penjualan tiga pemain utamanya masih Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

TikTok

Berdasarkan data Sirclo  Tiktok memiliki keunggulan dari sisi penjualan untuk empat kategori besar, yaitu  home living atau barang-barang rumah tangga, produk kecantikan dan perawatan pribadi, barang kebutuhan ibu dan anak, juga produk perawatan rumah. Atas dasar inilah TikTok digemari oleh profil pengguna dari kalangan muda Generasi Z (Gen Z) hingga ibu muda.

Shopee

Pada platform e-commerce Shopee nyaris unggul pada seluruh kategori namun dengan dominasi produk yang terjual adalah untuk kebutuhan perempuan. Menurut Sirclo, Shopee bisa mengoptimalisasi penawaran dari berbagai barang yang tersedia lewat fitur pencarian hingga menemukan urutan berdasarkan popularitas.

Tokopedia

Tidak hanya Tiktok dan Shopee, beberapa aplikasi e-commerce lain juga memiliki keunggulan masing-masing pada kategori yang berbeda-beda. Tokopedia contohnya, unit bisnis GoTo Gojek Tokopedia ini juga unggul di seluruh kategori namun dominasi pengguna adalah laki-laki, bertolak belakang dengan profil pengguna Shopee.

Lazada 

E-commerce yang didukung oleh Alibaba asal China ini punya keunggulan pada empat kategori yaitu; produk kecantikan mewah, elektronik, home living dan home care. Lazada juga memiliki LazMalls yang tampil menonjol pada fitur pencarian.

Blibli