Logo Bloomberg Technoz

Quick spread WTI, yang merupakan selisih antara kontrak Januari dan Februari, ditetapkan pada 50 sen secara kontango. Hal ini menunjukkan ketersediaan berlimpah dalam jangka pendek.

Grafik harga minyak. (Sumber: Bloomberg)

"Dampak jangka panjang dari serangan Houthi terhadap kapal tanker minyak melalui Laut Merah adalah suatu hal yang rumit," kata Fawad Razaqzada, seorang analis pasar di City Index dan Forex.com. 

Meskipun kenaikan harga minyak memang bisa dibenarkan, "sangat sulit untuk mengatakan seberapa lama kenaikan tersebut akan berlangsung atau seberapa tinggi harga akan naik hanya berdasarkan faktor ini saja."

Gangguan paling nyata terhadap aliran energi sejak perang Israel-Hamas tersebut mendorong AS membentuk satuan tugas maritim baru guna melindungi kapal-kapal komersial. Analis Jefferies dalam sebuah catatan mengatakan sekitar 8% minyak mentah dunia transit melalui Terusan Suez, memberikan tekanan pada penggunaan tanker jika kapal terpaksa mengambil rute yang lebih panjang melalui sekitar Afrika Selatan.

Sementara John Driscoll, direktur dan pendiri JTD Energy Services Pte Ltd yang berbasis di Singapura, berpendapat bahwa gangguan pada jalur perdagangan utama cenderung bersifat jangka pendek. Kemungkinan besar AS akan mengambil tindakan militer yang lebih tegas untuk mengatasi ketegangan ini.

Harga:

  •  WTI untuk pengiriman Januari, yang berakhir pada hari Selasa, naik 1,3% menjadi ditetapkan pada $73,44 per barel di New York.
    - Kontrak Februari yang lebih aktif ditetapkan pada $73,94.
  • Brent untuk penyelesaian Februari naik 1,6% menjadi ditetapkan pada $79,23 per barel.

(bbn)

No more pages