Logo Bloomberg Technoz

Ganjar Mau Gandeng IPB karena Ketahanan Pangan RI Karut-marut

Pramesti Regita Cindy
19 December 2023 17:20

Capres Ganjar Pranowo dalamacara Food & Agriculture Summit III di IPB, Bogor, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Capres Ganjar Pranowo dalamacara Food & Agriculture Summit III di IPB, Bogor, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan keinginannya bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam perencanaan pangan nasional bilamana dirinya terpilih di Pilpres 2024. 

Ganjar menyinggung perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pernah memintanya untuk mengerjakan kedaulatan pangan bilamana telah terpilih menjadi Presiden dalam Rakernas PDIP beberapa waktu lalu. 

" Jadi 'Siap kan perencanaannya mulai sekarang' bahasanya begitu. Kalau saya enggak pak. Siapkan pertemuan dan kontrak (kerja sama) dengan IPB itu lebih pas," kata Ganjar dalam Food & Agriculture Summit III dan dialog Calon Presiden RI 2024-2029, di IPB Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023).

Diketahui isu ketahanan pangan masih jadi problem bagi Indonesia lantaran komoditas bahan pokok seperti beras dan bahan pangan lain masih tergantung pada impor. Selain itu pemerintah Presiden Jokowi sudah menggaungkan food estate di sejumlah daerah tetapi belum membuahkan hasil yang bagus.

Ganjar juga menyoroti pentingnya data riset IPB yang seharusnya dapat diimplementasikan sebagai kebijakan negara khususnya bidang pertanian dengan pengawalan dari mahasiswa IPB.