Logo Bloomberg Technoz

Jika larangan tersebut tetap berlaku, Apple sedang mengerjakan berbagai opsi hukum dan teknis. Mereka sudah mulai mempersiapkan toko-toko untuk perubahan tersebut. Apple mengirimkan tanda baru ke gerai ritelnya yang mempromosikan Apple Watch tanpa menampilkan foto Seri 9 dan Ultra 2--dua model yang menjadi target larangan tersebut. Jam tangan SE kelas bawah dari perusahaan tersebut masih akan tersedia.

Apple berencana untuk berhenti menjual jam tangan yang dilarang di situs webnya pada Kamis dan kemudian menariknya dari sekitar 270 gerai fisiknya pada 24 Desember.

Berita ini membuat saham Apple turun kurang dari 1% pada Senin, sementara saham Masimo naik 3,2%.

Dalam sebuah pernyataan, Masimo mengatakan bahwa keputusan untuk melarang model-model Apple Watch "menunjukkan bahwa perusahaan paling kuat di dunia pun harus mematuhi hukum."

Pekerjaan di dalam Apple menunjukkan bahwa perusahaan ini yakin perubahan perangkat lunak--daripada perbaikan perangkat keras yang lebih rumit--akan cukup untuk mengembalikan perangkat ini ke rak-rak toko. Namun, paten yang menjadi inti dari perselisihan ini sebagian besar terkait dengan perangkat keras, termasuk bagaimana cahaya dipancarkan ke dalam kulit untuk mengukur jumlah oksigen dalam darah seseorang.

Juru bicara Apple mengatakan perusahaan sedang berupaya mengajukan solusi ke badan bea cukai AS, yang bertugas menyetujui perubahan untuk mengembalikan produk ke pasar.

Masimo mengatakan bahwa perbaikan perangkat lunak tidak akan cukup. "Perangkat kerasnya perlu diubah," kata pembuat perangkat medis tersebut.

Larangan ITC akan berbentuk pembatasan impor yang membuat Apple tidak mungkin menjual perangkat tersebut di AS. Perusahaan ini bergantung pada pemasok luar negeri untuk komponen jam tangan dan perakitannya.

Sengketa seperti itu biasanya diselesaikan sebelum sampai ke titik ini, kata Evan Zimmerman, salah satu pendiri dan kepala eksekutif Edge, yang membuat perangkat lunak untuk menyusun paten.

"Jenis-jenis perselisihan yang mengarah pada pembatasan impor jarang terjadi dan sering digunakan sebagai pengungkit dalam negosiasi penyelesaian," katanya. Mungkin akan menjadi tantangan bagi Apple untuk menyelesaikan perselisihan dengan perubahan perangkat lunak, mengingat betapa luasnya paten Masimo, kata Zimmerman. Namun, Apple dapat membuat argumen yang masuk akal bahwa perangkat lunak tersebut mengontrol cara kerja perangkat, katanya.

Meskipun perusahaan sedang mengerjakan perbaikan perangkat keras dan perangkat lunak, namun untuk memasarkan teknologi baru ini akan membutuhkan waktu. Proses pengujian perangkat lunak internal Apple memakan waktu yang lama, untuk alasan yang bagus. Perusahaan perlu memastikan bahwa setiap perubahan tidak akan merusak fitur-fitur jam tangan pintar lainnya. Penyesuaian juga mungkin memerlukan pengujian tambahan mengingat tujuan medisnya.

Dalam skenario di mana Apple perlu menghapus perangkat keras dari perangkatnya, proses produksi dan pengiriman model baru bisa memakan waktu setidaknya tiga bulan, menurut salah satu orang yang mengetahui operasi perusahaan. Dan itu belum termasuk berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh badan bea cukai untuk menyetujui langkah tersebut.

Fitur oksigen darah pertama kali ditambahkan ke Apple Watch pada tahun 2020 dengan model Seri 6. Pada saat itu, pandemi virus corona sedang melanda dan beberapa dokter menggunakan kadar oksigen dalam darah untuk menilai dampak virus pada kemampuan pasien untuk bernapas.

Fitur ini memonitor level seseorang sepanjang hari. Pengguna juga bisa mendapatkan pembacaan saat ini, yang membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Banyak pasien mencari tingkat antara 95% dan 100%.

Kemampuan ini juga disertakan pada Apple Watch Series 7 dan Series 8. Apple berhenti menjual Seri 7 ketika model baru dirilis, tetapi Seri 8 tetap tersedia sebagai perangkat yang diperbarui. Jika larangan ini diberlakukan, penjualan tersebut juga harus dihentikan.

Larangan ITC hanya berlaku untuk saluran penjualan langsung Apple, sehingga pengecer pihak ketiga seperti Walmart Inc, Best Buy Co dan Target Corp dapat terus menawarkan perangkat tersebut. Walmart dan Best Buy mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak berencana untuk berhenti.

Apple semakin sering menggunakan fitur kesehatan dan keselamatan untuk memasarkan jam tangan pintarnya, membantu mengubah jajaran produk tersebut menjadi pendorong pertumbuhan utama dalam beberapa tahun terakhir. Para analis memperkirakan bahwa hal tersebut menghasilkan pendapatan $16,9 miliar untuk Apple pada tahun fiskal 2023, naik dari $9,1 miliar per tahun lima tahun lalu.

Meskipun itu hanya sebagian kecil dari $200 miliar yang dihasilkan oleh iPhone, jam tangan ini juga membantu membuat orang tetap terkunci di dalam ekosistem Apple.

Tidak jelas apakah Gedung Putih pada akhirnya akan memberikan penangguhan hukuman kepada Apple. Seorang pejabat pemerintahan mengatakan bahwa Perwakilan Dagang AS Katherine Tai sedang menangani peninjauan dan mempertimbangkan dengan cermat semua faktor dalam perselisihan ini.

Gedung Putih memiliki kekuatan untuk memveto keputusan ITC, dan pemerintahan Obama melakukan hal itu dengan melarang iPhone pada tahun 2013 di AS. Namun, keputusan tersebut berasal dari pertarungan paten dengan Samsung Electronics Co. yang berbasis di Korea Selatan. Masimo berlokasi di Irvine, California, yang berarti pemerintah harus memilih satu perusahaan AS daripada yang lain.

Dalam pernyataannya, Masimo mengatakan bahwa keputusan ITC mengikuti proses hukum yang menyeluruh dan "harus dihormati."

(bbn)

No more pages