Logo Bloomberg Technoz

Wamenkeu Yakin Ekonomi 2024 Tumbuh di Atas 5%, Ini Syaratnya

Redaksi
19 December 2023 11:10

Wakil Menteri Keuanhan Suahasil Nazara (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Wakil Menteri Keuanhan Suahasil Nazara (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan Indonesia masih berpotensi mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 5%, tepatnya 5,2% pada 2024. Salah satu kuncinya adalah menggenjot konsumsi masyarakat.

“Jadi untuk pertumbuhan 2024, Kementerian Keuangan itu masih melihat potensi Indonesia tumbuh di sekitar 5,2%. Kunci dari Indonesia kalau mau tumbuh di angka 5,2% itu adalah konsumsi. Konsumsi kita harus bisa di atas 5%, malah kalau bisa di atas 5,2%, sehingga konsumsinya itu yang menjadi penggerak,” ungkap Suahasil seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Konsumsi merupakan komponen penyumbang proporsi yang tinggi dalam produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Suahasil menilai potensi konsumsi pada 2024 masih terlihat dari gerak ekonomi masyarakat dan gerak ekonomi rumah tangga, terlebih dengan adanya rangkaian kampanye pemilihan umum (Pemilu) mendatang. 

Selain itu, dia juga berharap penyelenggaraan Pemilu dapat memberikan keyakinan kepada investor sehingga mendorong angka investasi nasional. 

“Indonesia termasuk negara yang cukup matang menurut saya melakukan Pemilu. Jadi semoga dunia usaha bisa terus melihat dan tidak menunda keputusan investasinya,” kata Suahasil.