Logo Bloomberg Technoz

Austin, yang berbicara dalam sebuah briefing di Tel Aviv dengan mitranya dari Israel pada hari itu, mengatakan bahwa ia akan mengadakan pertemuan tingkat menteri pada Selasa untuk mendiskusikan cara-cara untuk melindungi kapal-kapal di Laut Merah. AS telah berkonsultasi dengan sekutu-sekutu Teluk mengenai kemungkinan aksi militer terhadap Houthi sebagai tanggapan atas serangan-serangan mereka yang semakin berani.

Houthi telah mengklaim serangan berulang kali di Laut Merah terhadap kapal-kapal komersial dalam beberapa hari terakhir, sebuah insiden yang menurut AS dan sekutunya dimaksudkan untuk memprovokasi Perang Timur Tengah yang lebih luas. Dalam sebuah wawancara dengan Al-Jazeera, pemimpin Houthi Mohammed Al-Bukhaiti mengatakan bahwa kelompok ini telah melakukan komunikasi tidak langsung dengan AS dan negara-negara lain melalui Oman.

Al-Bukhaiti mengatakan bahwa salah satu pesan yang diterima oleh Houthi adalah sebuah tawaran untuk mengakhiri konflik secara damai di Yaman dengan imbalan penghentian serangan di Laut Merah. Ia mengatakan bahwa kelompok tersebut menolak ide tersebut.

Harga minyak naik pada Senin setelah BP Plc mengatakan bahwa mereka menghentikan semua pengiriman melalui Laut Merah dan perusahaan energi Norwegia, Equinor ASA, mengatakan bahwa mereka mengalihkan kapal-kapal mereka dari wilayah tersebut. Minyak mentah berjangka Brent naik sebanyak 3,9% di perdagangan London. Gangguan ini juga berdampak pada pasar gas alam Eropa, dengan harga patokan melonjak sebanyak 13% di Amsterdam. Kapal-kapal tanker gas alam cair sering melakukan perjalanan antara Timur Tengah dan Eropa melalui Laut Merah dan Terusan Suez.

(bbn)

No more pages