Logo Bloomberg Technoz

Blok Rokan Resmi Punya 2 Proyek EOR Senilai Rp5,18 T

Wike Dita Herlinda
18 December 2023 19:55

Ilustrasi Blok Rokan. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi Blok Rokan. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Usulan rencana pengembangan atau plan of development (POD) terhadap dua proyek enhanced oil recovery (EOR) di Blok Rokan telah resmi disetujui jelang akhir tahun ini, dengan nilai investasi kumulatif senilai Rp5,18 triliun.

Proyek pertama yang disetujui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah Steamflood EOR Lapangan Rantau Bais Tahap-1 di Blok Rokan. POD diloloskan pada 1 Desember 2023 dengan nilai investasi Rp3,7 triliun.

Adapun, proyek kedua yang baru mendapatkan lampu hijau adalah Chemical EOR Lapangan Minas Tahap-1 (Area-A), yang juga dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), dengan investasi Rp 1,48 triliun. Proyek ini disetujui pada 14 Desember 2023.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara menyebut kedua proyek EOR tersebut berbeda jenis. “Memasuki 2024 akan menjadi tahun eksekusi untuk implementasi proyek-proyek EOR yang sudah ditunggu oleh banyak pihak” tambah Benny melalui siaran pers, Senin (18/12/2023).

Minas akan menjadi lapangan pertama di Indonesia yang mengimplementasikan metode Chemical EOR (CEOR) dalam skala komersial dengan menggunakan bahan kimia injeksi Alkali-Surfaktan-Polimer (ASP).