Logo Bloomberg Technoz

Cara Cek Nomor Porsi dan Estimasi Keberangkatan Haji

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 December 2023 12:35

Petugas mengambil paspor calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Petugas mengambil paspor calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon jemaah haji 2024 bisa memeriksa estimasi keberangkatannya ke Tanah Suci. Berikut cara cek nomor porsi dan estimasi keberangkatan haji.

Nomor porsi merupakan nomor identitas calon jemaah haji yang didapatkan setelah calon jamaah melakukan setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Melalui identitas ini, calon jemaah bisa melakukan cara cek perkiraan keberangkatan haji.

Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit angka yang tertera di bukti setoran awal pada bank tempat calon jemaah membuka tabungan haji. Selain menjadi bukti setoran awal, nomor porsi juga bisa digunakan calon jemaah haji untuk memeriksa estimasi keberangkatan haji.

Nomor porsi bisa dilihat pada berkas pendaftaran haji yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama melalui kantor wilayah Kabupaten/Kota. Nomor porsi ini didapatkan setelah calon jamaah haji melakukan setoran awal BPIH.

Cara Cek Perkiraan Keberangkatan Haji

Untuk mengetahui estimasi keberangkatan haji, Kemenag memberikan opsi pengecekan perkiraan keberangkatan haji melalui situs Kemenag atau aplikasi Pusaka.