Logo Bloomberg Technoz

Beberapa pejabat The Fed ramai-ramai menangkis optimisme pasar terkait potensi penurunan bunga pada awal tahun depan.

John Williams, Presiden The Fed New York, menyebut, terlalu dini bagi para pengambil kebijakan untuk memikirkan penurunan bunga acuan. Pasalnya, The Fed masih mempertimbangkan apakah kebijakan itu cukup untuk membantu inflasi kembali jinak ke target 2%.

Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic, menambahkan, memang ada peluang penurunan bunga acuan pada 2024 sebanyak dua kali akan tetapi baru akan dimulai pada kuartal tiga, tidak kuartal satu seperti harapan pasar.

"Kami tidak benar-benar membicarakan penurunan bunga," kata Williams dilansir dari Bloomberg News.

Austen Goolsbee, pejabat The Fed Chicago, juga memberi pernyataan hawkish di mana menurutnya terlalu dini bagi bank sentral menyatakan kemenangan melawan inflasi. 

"Kita telah membuat banyak kemajuan pada tahun 2023, tetapi saya masih mengingatkan semua orang, ini belum selesai," ujar Goolsbee pada hari Minggu dalam wawancara di acara Face the Nation di CBS. "Jadi data akan menentukan apa yang akan terjadi terhadap suku bunga."

Di mata analis, pernyataan banyak pejabat The Fed yang bernada hawkish itu adalah kesengajaan agar The Fed memiliki ruang untuk terus mempertahankan bunga stabil awal tahun depan.

“Komite ingin memiliki opsi untuk tidak melakukan pemotongan pada Maret,” kata Derek Tang, Ekonom di LH Meyer/Monetary Policy Analytics.

(rui)

No more pages