Logo Bloomberg Technoz

"Nah kalau terjadi suatu kerusakan ginjal tanda-tandanya itu kulit menjadi gatal, kering, bahan-bahan yang harusnya dibuang oleh ginjal itu tidak terbuang sehingga dia mengendap di kulit dan menimbulkan gatal kering. Kalau berat, bisa menimbulkan kaki bengkak berbagai gejala kelainan ginjal, atau sampai gagal ginjal," ujar I Gusti. 

Gusti juga mengatakan pasien yang sudah mengalami gagal ginjal dipastikan tidak bisa sembuh seperti awal kesehatannya. 

"Iya (tidak bisa sembuh)," tambahnya.

Gusti juga meminta masyarakat diminta agar jeli dalam memilih produk kecantikan terutama melihat apakah ada berlabel BPOM. Selain itu, seseorang sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter spesialis kulit jika memang ada suatu keluhan sakit kulit yang diidapnya. Sehingga pengobatan dan pemilihan resep bisa tepat digunakan oleh pasien. 

Sebelumnya, Plt. Kepala BPOM RI, L. Rizka Andalucia mengatakan BPOM juga menindaklanjuti temuan berdasarkan laporan beberapa otoritas pengawas obat dan makanan di ASEAN melalui Post Market Alert System/PMAS Brunei Darusalam, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Singapura, serta informasi yang dipublikasikan oleh otoritas pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, Kanada, dan Hong Kong.

"Dari laporan tersebut, diketahui sebanyak 143 item obat tradisional dan suplemen kesehatan mengandung bahan kimia obat (BKO), serta sebanyak 43 item kosmetik mengandung bahan dilarang/berbahaya,” kata Rizka seperti yang dilansir dari siaran pers yang diunggah di website BPOM, Kamis (14/12/2023).

(spt)

No more pages