Logo Bloomberg Technoz

Suplai Tembaga RI Cuma 25 Tahun, ESDM Kebut Cari Cadangan Lain

Sultan Ibnu Affan
15 December 2023 15:05

Gulungan tembaga di gudang milik Valjaonica Bakra Sevojno AD di Serbia./Bloomberg-Oliver Bunic
Gulungan tembaga di gudang milik Valjaonica Bakra Sevojno AD di Serbia./Bloomberg-Oliver Bunic

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya mencari potensi cadangan mineral tembaga seiring dengan perkiraan permintaan tinggi dengan jor-jorannya  investasi ekosistem kendaraan listrik dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pada awal tahun depan, pihaknya melalui Badan Geologi bakal mengebut menggali potensi cadangan mineral tersebut.

"Sedang kita lakukan. Untuk 2024 itu, kalau fokus badan geologi kan eksplorasi, jadi kita mencari sumber daya termasuk cadangan. Cadangan kan biasanya agak panjang, tapi minimal kita cari potensi," ujar Dadan saat ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (15/12/2023).

Dadan mengatakan, sejalan dengan upaya pemerintah dalam hilirisasi, pemerintah pun terus berupaya memastikan berbagai cadangan mineral RI bakal terus tercukupi.

"[Saat ini] kita lakukan hilirisasi, kita pastikan cadangan ada, dan kita lakukan eksplorasi. Kan [cadangan tembaga] kita belum habis. Kalau sudah tidak ada lagi, kita cari lagi yang lain."