Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Miferpristone Obat Aborsi yang Jadi Polemik di AS

News
14 December 2023 15:50

Obat aborsi mifepristone. (Sumber: Bloomberg)
Obat aborsi mifepristone. (Sumber: Bloomberg)

Ella Ceron - Bloomberg News

Bloomberg, Penggunaan obat aborsi adalah metode paling umum untuk mengakhiri kehamilan di Amerika Serikat. Akses untuk mendapatkannya yang mudah bisa terancam karena ada gugatan hukum yang berusaha menggulingkan cara Food and Drug Administration (FDA) mengatur pil aborsi mifepristone.

Saat ini, obat tersebut sepenuhnya tersedia karena keputusan Mahkamah Agung yang mempertahankan status quo. Pengadilan setuju pada bulan Desember untuk menentukan seberapa mudah mifepristone dapat diakses. Keputusan yang mengurangi akses terhadap pil tersebut akan lebih membatasi akses terhadap aborsi legal pada saat ketika akses tersebut sudah signifikan berkurang di Amerika Serikat. Ini juga akan membuka pintu bagi tantangan terhadap keputusan FDA lainnya.

1. Apa yang terbaru dari ranah hukum

Mahkamah Agung menyatakan pada 13 Desember bahwa mereka akan mendengarkan banding pemerintahan Biden terhadap putusan pengadilan banding Agustus yang membatasi akses ke mifepristone. Pengadilan banding telah menolak sebagian keputusan seorang hakim federal di Texas untuk sementara waktu menangguhkan persetujuan obat tersebut, yang pertama kali disetujui oleh FDA pada tahun 2000.