Logo Bloomberg Technoz

AS akan Gunakan 15% Etanol di Bahan Bakar Bensin

News
02 March 2023 07:15

Stasiun pengisian bahan bakar di AS (Bloomberg News)
Stasiun pengisian bahan bakar di AS (Bloomberg News)

Jennifer A. Dlouhy dan Kim Chipman - Bloomberg News

Bloomberg - Pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden akan merubah kebijakan energi terkait penggunaan bahan bakar Etanol. Berdasarkan usulan dari gubernur 12 negara bagian (midwest) bahan bakar bensin bisa mengandung 15% etanol atau yang dikenal E15.

Pemerintahan Biden mengusulkan hal ini melalui Environmental Protection Agency (EPA) yang disampaikan pada Rabu (1/3/2023) waktu setempat. Perubahan ini mulai berlaku pada April 2024 dan akan mempengaruhi mata rantai pasokan bahan bakar di seluruh SPBU di Amerika Serikat. 

Usulan yang disampaikan EPA ini merupakan kemenangan bagi produsen Etanol, tapi sedikit mengecewakan karena para pelaku industri berharap aturan ini bisa berlaku pada musim panas ini. Pada waktu yang sama para produsen ini mengancam akan membawa masalah ini ke Pengadilan Federal AS. 

Para produsen berupaya meyakinkan para pejabat EPA agar memberlakukan kebijakan ini lebih cepat karena butuh waktu untuk beradaptasi, termasuk menambah alat untuk memproduksi, menyimpan, dan mendistribusikan blendstock bensin baru dengan volatilitas rendah untuk wilayah tersebut.