Logo Bloomberg Technoz

Yang menarik, soal kartu tani ini dibahas di debat capres dan merupakan pertanyaan yang dilemparkan capres Prabowo Subianto kepada Ganjar Pranowo pada Selasa malam (12/12/2023). Prabowo mengatakan, petani di Jawa Tengah banyak mengeluhkan kartu tani yang tak menjamin mendapatkan pupuk.

"Mereka mengeluh dengan kartu tani yang mereka dapat dari bapak," kata Prabowo di gedung KPU, Jakarta, Selasa malam (12/12/2023).

Yang tidak memiliki kartu tani bisa menggunakan KTP sambil kita membenahi (program) kartu taninya

Jokowi
Capres Ganjar Pranowo & Capres Prabowo Subianto saat debat di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Prabowo yang juga Menhan tersebut mengatakan bahwa para petani di sana menginginkan agar mekanisme mendapatkan pupuk dipermudah.

Namun Ganjar menjawab bahwa persoalan pupuk memang terjadi di mana-mana, tidak hanya di Jawa Tengah. Ganjar sendiri mengatakan selalu berupaya agar provinsi yang dia pimpin mendapatkan pupuk yang cukup termasuk langsung mengusahakannya kepada pemerintah pusat. 

Diketahui Ganjar maju di Pemilu 2024 menggandeng Menko Polhukam Mahfud MD sebagai cawapres. Sementara Prabowo menggandeng cawapres Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra kandung Presiden Jokowi. Kini Jokowi datang ke Jawa Tengah dan lalu menyebut akan membereskan kesulitan akses pupuk lewat KTP tanpa kartu tani itu.

(ezr)

No more pages