Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Perbaiki Kartu Tani Ganjar yang Dikritik Prabowo di Debat

Pramesti Regita Cindy
14 December 2023 00:10

Presiden Jokowi saat berada di Pekalongan, Jawa Tengah (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat berada di Pekalongan, Jawa Tengah (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jawa Tengah pada Rabu (13/12/2023) termasuk menghadiri acara Penyuluh Pertanian dan Babinsa di Jawa Tengah (Jateng). Selain itu Presiden Jokowi juga meninjau penanaman padi di Pekalongan.

Untuk ketersediaan pupuk, Jokowi akan menyempurnakan program Gubernur Jawa Tengah sebelumnya yakni Ganjar Pranowo soal kartu tani.

Sebelumnya pupuk subsidi yang bisa didapatkan dengan kartu tani kini kata Jokowi akan bisa didapatkan petani dengan KTP saja.

"Saya tadi tanya ke petani urusan pupuk saat ini enggak ada masalah. Aman. Tapi kalau nanti enggak tahu, Jaunuari semua nanem (menanam), tapi pak Mentan tadi udah menyanggupi akan dibereskan semuanya," kata Jokowi di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu siang (13/12/2023).

"Yang dahulu pupuk subsidi harus pakai kartu tani sekarang pakai KTP bisa. Menyederhanakan, di tempat-tempat tertentu enggak semua. Yang tidak memiliki kartu tani bisa menggunakan KTP sambil kita membenahi (program) kartu taninya," lanjut mantan Wali Kota Surakarta ini, dikutip dari kanal Setpres.