Logo Bloomberg Technoz

PDIP Kritik Prabowo Hanya Jual Nama Jokowi di Debat Capres 2024

Muhammad Fikri
13 December 2023 20:10

Capres Ganjar Pranowo & Capres Prabowo Subianto saat debat di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres Ganjar Pranowo & Capres Prabowo Subianto saat debat di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengkritik calon presiden nomor 02, Prabowo Subianto yang berulang kali seolah menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Debat Capres 2024. Menurut dia, Prabowo memiliki karakter dan gaya kepemimpinan yang sangat jauh berbeda dengan Jokowi.

Menurut dia, dalam debat, Prabowo hanya sibuk seolah menjual nama dan prestasi Jokowi. Dia justru sangat minim memaparkan secara lebih detil tentang visi misi dan programnya sebagai capres bersama cawapres Gibran Rakabuming Raka.

"Ya, desain yang kami dapatkan dari analisis para pakar memang pak prabowo itu mencoba menampilkan pak Jokowi hanya dari cara bicaranya, dari karakternya, dari program-programnya berbeda," kata Hasto ketika ditemui di Gedung High End Tower MNC, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023). 

Dia pun menyinggung tentang perbedaan keputusan antara Prabowo dan Jokowi saat menghadapi situasi dan masalah yang sama. Salah satunya, kata dia, saat masyarakat tengah dilanda kenaikan harga bahan kebutuhan pokok. 

Berdasarkan catatan PDIP, Jokowi kerap langsung turun ke lapangan dan melakukan intervensi langsung untuk menjaga dan memulihkan harga pangan. Hal yang sama kerap dilakukan Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo saat menjadi Gubernur Jawa Tengah selama 10 tahun.