Logo Bloomberg Technoz

Penampakan Seragam Batik Jemaah Haji RI 2024: Sekar Arum Sari

Angga Indrawan
13 December 2023 13:50

Petugas memasangkan gelang ke calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Petugas memasangkan gelang ke calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Batik motif Sekar Arum Sari diputuskan menjadi seragam bagi jemaah haji 2024. Batik ini menggantikan motif batik nasional yang belum pernah diganti selama 11 tahun terakhir.

Peluncuran batik jemaah haji RI Sekar Arum Sari dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (12/12/2023) malam. Batik Sekar Arum Sari dipilih melalui Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia yang digelar sejak Agustus 2023. 

Sayembara ini dimenangkan oleh Sony adi Nugroho, satu dari 10 finalis sayembara.

“Kita meluncurkan batik baru untuk jemaah haji. Kita tahu, Jemaah haji bukan hanya spiritual saja, mereka juga sekaligus menjadi duta, sepantasnya pakaian yang akan digunakan adalah pakaian yang mewakili Indonesia,” ungkap Yaqut dalam malam peluncuran, dikutip dari keterangan resmi.

“Pemenang sayembara tentu ada apresiasi, yaitu Rp78 juta, Tapi yang paling penting, Insya Allah juga yang buat dan mendesain mendapat amal soleh dari batik yang digunakan oleh para Jemaah,” ungkapnya.

Seragam jemaah haji pria, Batik Sekar Arum Sari. (Kemenag)