Logo Bloomberg Technoz

Disentil Prabowo, Mahfud Klaim Hanya Dia yang Tangani Kasus HAM

Mis Fransiska Dewi
13 December 2023 11:30

Ganjar - Mahfud MD di Debat Perdana Capres 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU)
Ganjar - Mahfud MD di Debat Perdana Capres 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menko Polhukam yang merupakan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan, justru sejak dia menjadi menteri Jokowi maka soal rekomendasi penyelesaian kasus HAM baru ditangani. Hal itu disampaikan Mahfud menjawab Prabowo yang menyinggung soal pertanyaan HAM Capres Ganjar Pranowo di debat capres perdana.

"Ya justru (saya) tanggap, sejak 2009 endak ada yang ngerjakan, yang mengerjakan baru saya kan," kata Mahfud MD ditemui usai debat capres di gedung KPU, Jakarta, Selasa malam (12/12/2023).

Dia mengatakan bahkan Indonesia mendapatkan pujian dari PBB karena penyelesaian kasus HAM mulai dikerjakan dan hal itu terjadi setelah Mahfud menjadi Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju.

"Ada enggak yang ngerjakan? Kan baru saya yang ngerjakan termasuk mendapat pujian dari PBB kan sesudah saya, PBB resmi lho memuji Indonesia dalam penyelesaian HAM tahap ini," ujar mantan Ketua MK ini.

Dia mengatakan, apabila Ganjar-Mahfud menang di Pemilu 2024 maka kasus HAM pasti ditangani termasuk janji Ganjar yang menyebut akan merealisasikan Pengadilan Ad Hoc HAM di Indonesia.