Logo Bloomberg Technoz

Alasan Kenapa Alibaba & Amazon Perlu Khawatir Pada Platform Ini

News
13 December 2023 08:50

Ilustrasi Temu milik Pinduoduo. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Temu milik Pinduoduo. (Dok: Bloomberg)

Sarah Zheng, Spencer Soper dan Peter Elstrom—Bloomberg News

Bloomberg, Jack Ma pada dasarnya menciptakan bisnis e-commerce di China dengan mendirikan Alibaba Group Holding Ltd dan mengarahkannya ke puncak pada bisnis swasta di negara tersebut. Namun beberapa minggu yang lalu, Jack Ma menyebut pesaingnya yang kurang dikenal melampaui gagasannya. Sang rival bahkan menjadi panutan bagi industri teknologi.

“Selamat kepada Pinduoduo atas pengambilan keputusan, eksekusi, dan upaya mereka selama beberapa tahun terakhir,” tulis Ma dalam sebuah forum internal, mendorong 220.000 lebih karyawan Alibaba untuk "memperbaiki arah.”

Bagi mereka yang berada di luar China nama Pinduoduo mungkin terdengar asing, namun startup ini —yang secara resmi dikenal sebagai PDD Holdings Inc— telah mengalami peningkatan popularitas selama bertahun-tahun. PDD telah memenangkan hati para pelanggan di pasar e-commerce domestik dengan berbagai inovasi.

PDD merupakan perusahaan di balik aplikasi belanja populer Temu di Amerika Serikat, yang telah berkembang bahkan mampu menyaingi Amazon.com Inc dan Walmart Inc hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.